Petikan Merdu dari 5 Gitaris Klasik Terkenal di Dunia

Petikan Merdu dari 5 Gitaris Klasik Terkenal di Dunia -- Siapa yang tidak kenal dengan gitar klasik, tentunya semua sudah kenal dengan permainan gitar yang satu ini. Tahukah kalian kalau dalam permainan gitar klasik tidak ada yang namanya distorsi, atau efek bahkan amp.

Tapi memang sulit untuk mengetahui kearah mana gitar klasik untuk sebagian pemula. Dari dulu sampai sekarang ada ribuan gitaris klasik yang menakjubkan. Dibawah ini adalah beberapa gitaris klasik hebat yang mempunyai permainan gitar yang menakjubkan.

1. Andres Segovia 

gitaris klasik

Andres Segovia adalah gitaris klasik Spanyol yang dianggap sebagai pencetus gerakan modern dari gitar klasik. Banyak musisi percaya bahwa tanpa usaha dari Segovia, gitar klasik tetap akan dianggap sebagai instrumen murahan.

Dia mulai bermain gitar pada umur empat tahun dan membuat penampilan publik pertama di Granada. Beberapa tahun kemudian ia menampilkan konser pertama di Madrid, bermain transkripsi gitar oleh Francisco Tarrega dan beberapa potong lagu Johann Sebastian Bach yang telah ditranskrip untuk gitar. Meskipun keluarganya mencoba untuk mencegah dia, Segovia melanjutkan bermain dengan gitarnya sepanjang hidupnya.

Ada banyak musisi yang percaya bahwa permainan gitar Segovia tidak akan diterima oleh masyarakat klasik karena menurut keyakinan mereka, gitar tidak dapat dianggap sebagai instrumen yang mampu memainkan musik klasik. Namun, teknik Andrés Segovia itu mampu membuat publik takjub. Sejak saat itu, gitar tidak lagi dianggap hanya populer dan diterima dengan baik sebagai instrumen konser.

Ketika dia berkembang dalam karirnya dan bermain untuk audiens yang lebih besar, Segovia menemukan bahwa gitar yang ada tidak memproduksi volume cukup untuk bermain di gedung konser besar. Hal ini mendorongnya untuk melihat antara kemajuan teknologi yang akan meningkatkan amplifikasi alami gitar.

Bekerja sama dengan produsen, membantu merancang apa yang kita ketahui hari ini sebagai gitar klasik, dibuat dengan kayu kualitas yang lebih baik dan tali nilon. Bentuk gitar juga diubah untuk meningkatkan akustik. Ini gitar baru bisa menghasilkan skor lebih rendah daripada yang sebelumnya digunakan di Spanyol dan di tempat lain.

Setelah tur Amerika pada tahun 1928, para komponis Brasil Heitor Villa-Lobos mulai menyusun komposisi gitar terutama untuk dia, juga komposer Meksiko Manuel M. Ponce membuat komposisi gitar karya-karya untuk gitar solo dan orkestra didedikasikan untuk gitaris terkenal. Segovia juga ditranskripsi beberapa transkrip Tarrega. Di antara murid-murid Segovia adalah seperti gitaris John Williams, Alirio Diaz, Ben Bolt dan Christopher Parkening. Andrés Segovia meninggal di Madrid karena serangan jantung pada usia 94 tahun.

Di bawah ini adalah video permainan gitar klasik oleh Segovia pada tahun 1950-an



2. Julian Bream 

gitaris klasik

Lahir di battersea, london, britania raya pada tahun 1933. Terinspirasi oleh jazz besar Django Reinhardt, Bream mempelajari beberapa instrumen semenjak berusia kanak-kanak, dan akhirnya melakukan tur dunia untuk bagian yang lebih baik dari satu abad, memainkan peran besar dalam mempopulerkan instrumen. Selain gitar, Bream ditranskripsi, dilakukan, dan rekaman musik untuk berbagai instrumen senar tradisional, seperti kecapi, gitar baroque, dan Vihuela, sepupu gitar modern.

Bream juga salah satu yang pertama yang menggunakan senar nilon pada gitar. Seperti Segovia, gaya Bream adalah virtuoso dalam arti musikalitas yang tampaknya penting dengan menggunakan teknik, tetapi selama karir Bream sebelumnya, teknik gitar klasik tidak seperti yang dikembangkan seperti saat ini, sehingga interpretasi cukup ekspresif dan unik untuk Permainanya.

Di bawah ini adalah video permainan gitar klasik oleh julian bream, Jangan sampai baper ya :)


3. John Williams 

gitaris klasik

John Williams dihormati dalam komunitas gitar klasik sebagai master teknis. Permainan Teknik-Nya sempurna dan banyak teknik gitar klasik modern dapat diperhitungkan kepadanya. Nada dan interpretasi dapat dianggap sebagai dingin dan lebih mekanis, memberinya estetika yang unik. Williams belajar dengan Segovia pada usia dini, dan akhirnya pergi untuk mendapatkan ketenaran internasional dari tur dan rekaman.

Tidak seperti gitaris klasik lain, karir William singkat melangkah keluar dari gitar klasik dengan proyek-proyek seperti kelompok tahun 1970-an fusi, Sky, dan kolaborasi dengan Pete Townsend dari The Who. Video berikut fitur musik komposer Paraguay, Augustn Barrios, seorang komposer yang dipopulerkan Williams. Segovia menyukai Barrios, kemungkinan besar menolak musik Amerika Selatan karena terlalu folky, tapi cinta William untuk musik Barrios diperkenalkan belum gaya lain untuk standar gitar rep. Beberapa album tengara untuk memeriksa adalah Dari hutan-hutan Paraguay: John Williams memainkan Barrios, dan album duet dengan Julian Bream, Julian dan John.

Di bawah ini adalah video permainan gitar klasik oleh john Williams, Niscaya bikin kalian baper 3 hari. :D


4. Christopher Parkening

gitaris klasik

Christopher Parkening adalah gitaris klasik pertama Amerika yang menjadi bintang. Christopher Parkening memulai kiprahnya di gitar klasik dengan Romeros, terkenal di usia yang masih sangat muda dan segera menarik perhatian Segovia, yang kemudian mengklaim bahwa Parkening adalah salah satu gitaris terbaik yang pernah ia dengar.

Beberapa menganggapnya ajaib. Dia mendarat kontrak rekaman pada usia 18 tahun dan merekam album inovatif. Parkening melanjutkan untuk menemukan departemen gitar klasik di University of Southern California, memberikan 90 konser per tahun pada saat ia berusia 20, dan tur dunia beberapa kali pada saat ia berusia 30, pada saat mana ia pensiun dari tur profesional. Parkening memiliki katalog yang luas paling gitaris ini, akibat dari mengejar kesempurnaan. Sangat dipengaruhi oleh Segovia, gayanya sepertinya ketat, bersih dan versi yang lebih berkembang dari Segovia. Frase-Nya dijalankan dengan presisi, musikalitas maksimal, dan penggunaan legato. Parkening juga adalah pendukung berat dari berbagai warna tonal melalui tangan dan kuku penempatan. Misalnya, ia akan beralih tangan kanannya ke arah jembatan untuk mencapai nada brassier ponticello, atau bergeser lebih dekat ke leher untuk suara dolce hangat.

Di bawah ini adalah video permainan gitar klasik oleh Christoper Parkening, Lagu yang satu ini mungkin tidak asing lagi di telinga kalian. Silahkan ditonton


5. David Russell 

gitaris klasik

Seorang pemain yang relatif muda dalam kelompok ini, David Russell menawarkan output yang signifikan dari album teknis mengesankan yang berisi kehadiran tonal hangat dan repertoar unik. Seperti Bream, potongan Russell dapat terdengar kasar dan bergema.

Di bawah ini adalah video permainan gitar klasik oleh david russel, jangan lupa ditonton sampai habis. :)



Bagaimana pendapat kalian dengan permainan gitar mereka.?

Tentunya tidak bisa berkomentar apa-apa setelah kalian menonton video di atas. Dan jangan lupa share ke teman-teman, Selamat menikmati :)