15 Aplikasi Android Terbaik untuk Recording

15 Aplikasi Android terbaik Untuk Recording -- Bicara soal software dalam hal membuat / membantu menciptakan sebuah karya musik tentunya ada banyak sekali software yang bisa kalian pergunakan, contohnya 8 aplikasi mixing musik terbaik untuk PC yang telah musikitabro rangkum pada artikel sebelumnya, begitu pula dalam hal recording, tentunya kita semua pasti tahu biasanya digunakan pada studio-studio rekaman. Device yang dipakai berupa PC ataupun laptop. 

Namun, apakah pada smartphone Android, dapat menggunakan software audio tersebut.?

Jawabannya : Bisa.! Karna berkat semakin canggihnya teknologi saat ini terutama pada smartphone Android, membuat semakin banyaknya aplikasi sound recording yang dapat digunakan. Bahkan yang terbaik sekalipun seperti aplikasi audio recording, kualitasnya pun hampir mendekati dengan yang digunakan pada PC. Lantas, apa sajakah aplikasi perekam suara Android.? Berikut musikitabro berikan ulasannya.

1. Audio Evolution Mobile Studio

aplikasi recording android

Aplikasi sound recording yang satu ini dianjurkan untuk para expert di bidang perekaman musik. Aplikasi ini merekam suara seperti biasa, yang nantinya dapat di mix dan diatur sesuai selera kalian. Tak hanya itu, ada banyak efek yang tersemat dalam aplikasi perekam suara ini. Nantinya kalian dapat gunakan dalam aransemen musik. Belum habis sampai di situ, dalam aplikasi ini juga terdapat metronome, jadi kalian dapat merekam sesuai tempo yang diinginkan, serta masih banyak fitur keren lainnya.

2. Easy Voice Recorder

aplikasi recording android

Easy Voice Recorder adalah aplikasi sederhana yang didedikasikan untuk merekam suara pada perangkat android. Dengan aplikasi ini ponsel android kalian akan menjadi perangkat perekam audio berkualitas tinggi.

Versi gratis aplikasi mendukung fungsi untuk merekam suara berkualitas tinggi dengan ormat PCM dan output WAV file dengan suara yang jelas. Pengguna dapat dengan cepat mulai merekam tanpa meluncurkan aplikasi, hanya dengan tekan tombol di widget. Aplikasi ini juga cukup cerdas untuk menyaring suara yang kalian hasilkan.

3. FL Studio

aplikasi recording android

Salah satu software tersohor dalam dunia perekaman dan aransemen musik adalah FL Studio Mobile. Software ini banyak digunakan para pelaku industri musik untuk merekam dan mengaransemen hasil karya lagu-lagu mereka. Pastinya untuk menggunakan software ini, kalian harus menggunakan PC ataupun laptop.

Namun, kini software tersebut juga dapat kalian gunakan di smartphone Android. Meski dirilis dalam versi mobile, aplikasi perekam suara ini hampir tak ada bedanya dengan versi PC. Fitur perekaman suara yang dapat diatur sedemekian rupa dan untuk hal aransemen musik, kalian juga tetap bisa menggunakannya di dalam smartphone kalian.

4. Green Apple Studio

aplikasi recording android

Aplikasi perekam suara yang dikembangkan oleh Green Apple Studio ini memiliki banyak fitur yang menarik. Dimana kualitas suara yang dihasilkan bisa kalian atur sesuai dengan selera kalian, mulai dari 9 sampai 44 kHz. Selain itu jenis file yang dihasilkan bisa kalian atur dengan format mp3 atau ogg.

5. Hi-Q MP3 Voice Recorder

aplikasi recording android

Kalau kalian cari yang simpel dan tak perlu banyak pengaturan, aplikasi perekam suara HI-Q MP3 Recorder ini bisa menjadi solusinya. Meski sederhana, tak semata-mata aplikasi sound recording ini tak punya kelebihan. Hasil rekaman yang diberikan justru sangat bagus dan jernih.

Diaplikasi yang satu ini kalian juga dapat mengatur opsi, seperti kuat atau lemahnya suara, durasi, serta kualitasnya, dari kualitas yang biasa hingga format mp3 kualitas CD. Aplikasi ini terdapat dua versi, ada yang gratis juga berbayar.

Namun, jika kalian belum bisa membeli versi PRO, versi gratis dari aplikasi ini tetap bisa menghasilkan rekaman suara yang berkualitas. Hanya saja rekaman kamu dibatasi untuk durasi 10 menit saja.

6. Love Kara

aplikasi recording android

Kualitas aplikasi rekaman suara dari Love Kara ini sudah terbukti karena sudah jutaan pengguna android yang sudah menjajal aplikasi ini dan telah memberikan nilai yang positif. Selain itu format file yang dihasilkan bisa berformat mp3.

7. Miidio Recorder

aplikasi recording android

Dengan aplikasi miidio Recorder ini kalian dapat merekam suara dengan format mp3 tanpa batas sehingga ini cocok untuk kalian gunakan untuk merekam suara apapun. Kualitas suara yang dihasilkan juga sangat jernih, dan aplikasi ini bisa kalian download secara gratis pada market smartphone kalian masing-masing.

8. Music Maker Jam

aplikasi recording android

Ingin merekam dan mengaransemen musik dengan banyak genre musik.? Aplikasi sound recording Music Maker Jam adalah jawabannya. Memiliki lebih dari ratusan gaya aransemen musik, kalian dapat mengeksplorasi kemampuan kalian dalam membuat musik yang enak didengar.

Selain mengaransemen, kamu juga bisa menambahkan rekaman suara nyanyian kalian dengan menggunakan fitur voice recording. Bukan hanya itu, Setelah merekam suara kalian juga bisa melakukan mix suara kalian dengan musik yang tersedia.

9. MeiHillMan
aplikasi recording android

Perekam Suara Super yang dikembangkan oleh MeiHillMan ini sangat bagus. Dimana dengan hasil rekaman menggunakan aplikasi ini kalian dapat bisa meghasilkan kualitas suara yang jernih seperti aslinya, aplikasi ini juga dapat menghasilkan format suara dalam bentuk mp3. Sehingga aplikasi ini cocok untuk kalian yang belajar menyanyi. Selain itu aplikasi ini bisa kalian jalankan di latar belakang sehingga tidak menggangu aktifitas yang lain.

10. RecForge Lite – Audio Recorder

aplikasi recording android 

RecForge aplikasi perekam suara untuk Android dengan banyak pilihan untuk mengkonfigurasi kualitas suara atau mengedit trek kalian sendiri. Dengan aplikasi ini kalian dapat merekam, mengedit dan berbagi suara, musik, catatan, atau audio lainnya.

RecForge Audio Recorder memungkinkan kalian untuk mengkonversi rekaman ke jenis file yang berbeda: Seperti format WAV, MP3 dan Ogg. Pada aplikasi ini juga kalian dapat mengkonfigurasi format awal yang direkam, kualitas suara rekaman dan saluran baik mono atau stereo.

11. SunVox

aplikasi recording android

Masih membahas aplikasi perekam suara berfitur segudang, ada SunVox yang juga dapat memudahkan kalian membuat rekaman lagu atau musik sekelas studio rekaman. Namun, aplikasi sound recording yang satu ini memiliki kekuatan dalam rekaman secara langsung.

Selain itu, pada aplikasi ini juga terdapat drum synth yang memiliki ratusan suara serta efek-efek lainnya yang melengkapi musik kalian. Hasil dari rekaman juga dapat diekspor secara langsung ke format MIDI track.

12. Smart Voice Recorder

aplikasi recording android

Smart voice Recorder merupakan perekam audio gratis untuk ponsel Android dalam hal merekam suara berkualitas tinggi dan memiliki banyak fungsi lainnya. Smart voice Recorder dapat digunakan untuk merekam pertemuan bisnis atau acara penting lainnya.

Bahkan aplikasi ini dapat digunakan untuk merekam percakapan malam bahkan dengkuran suara. Kalian akan memiliki kesempatan untuk memilih kualitas suara yang direkam dari 8Hz ke 44Hz. Bahkan kalian dapat melewatkan suara “diam/ hening” secara otomatis seperti fitur real-time spektogram.

Smart voice Recorder adalah salah satu aplikasi rekaman terbaik untuk android yang tersedia. Penting dan dirancang dengan baik, dan sangat mudah digunakan.

13. Titanium Recorder

aplikasi recording android

Aplikasi perekam suara terbaik di android selanjutnya adalah Titanium Recorder. Aplikasi yang satu ini layak untuk kalian coba karena dapat merekam suara dengan kualitas HD. Aplikasi Titanium Recorder sangat bisa diandalkan untuk aktivitas perekaman professional seperti merekam lagu dan lain-lain.

14. Tape-a-Talk Voice Recorder

aplikasi recording android

Tape-a-Talk adalah perekam suara berkualitas tinggi untuk perangkat android yang mampu merekam audio, catatan suara, memo suara dan mendukung perekaman di latar belakang, bahkan saat layar mati. Kalian akan memiliki pilihan untuk menyimpan rekaman yang berformat wav atau file 3gp tergantung preferensi yang kalian inginkan.

Kalian juga dapat berbagi rekaman dengan cepat dengan siapapun yang kalian inginkan melalui email, upload ke Dropbox, atau FTP. Tape-a-Talk juga memungkinkan pengguna untuk memilih rekaman sebagai ringtone.

15. Voice Recorder

aplikasi recording android

Voice Recorder untuk Android adalah cara sederhana dan tercepat untuk merekam suara di manapun kalian berada. Melalui aplikasi ini, kalian dapat melakukan pencarian untuk menemukan rekaman tertentu yang kalian inginkan tanpa harus mancari dari seluruh daftar.

Fitur yang paling menarik dari aplikasi ini adalah kemungkinan rekaman yang dijadwalkan pada waktu tertentu. Kalian juga dapat mengirim rekaman melalui email dan mengatur rekaman sebagai nada dering.
Itulah beberapa aplikasi android terbaik yang telah musikitabro rangkum kali ini, Aplikasi di atas bisa kalian pergunakan untuk recording atapun hal lainnya. Semoga bermanfaat. Terima kasih :)