Daftar Gitar Termahal yang Berharga Miliaran hingga Triliunan

Inilah gitar termahal yang berharga miliaran hingga triliunan -- Gitar adalah alat musik populer yang diklasifikasikan sebagai instrumen senar dengan 4-18 senar, biasanya enam. Gitar digunakan dalam berbagai genre musik di dunia. Alat musik ini diakui sebagai instrumen utama dalam genre seperti Blues, Bluegrass, Country, Flamenco, Folk, Jazz, Jota, Mariachi, Metal, Punk, Reggae, Rock, Soul, dan berbagai bentuk Pop.

Kisaran harga untuk gitar sekitar US$ 100-100 ribu atau Rp 1,3 juta sampai Rp 1,3 miliar, bahkan lebih, tergantung kategori, yakni nilon, tali, listrik, dan tentu saja mereknya. Tapi, ada juga gitar yang berharga fantastis dan menjadi gitar paling mahal yang pernah dijual.

Catatan gitar termahal telah mencapai lebih dari satu juta dolar atau sekitar Rp 13,6 miliar. Jumlah itu merupakan harga yang sangat fantastis untuk sebuah gitar. Sejarah dan pemilik sebelumnya adalah alasan mengapa gitar ini menjadi gitar paling mahal. Berikut ini adalah daftar 5 gitar paling mahal yang pernah dijual

1. Asia Fender Stratocaster (Reach Out to Asia)

Tahun: 2005
Pemilik: -
Terjual: US$ 3,7 juta

gitar termahal yang berharga miliaran hingga triliunan

Gitar ini dijual lelang di Doha, Qatar, pada 16 November 2005 untuk mengumpulkan dana bagi korban tsunami di Asia. Gitar ditandatangani oleh beberapa musikus Rock untuk manfaat amal tsunami. Dikoordinasi oleh Bryan Adams, gitar ditandatangani oleh Eric Clapton, Mick Jagger, Keith Richards, Brian May, Jimmy Page, David Gilmour, Jeff Beck, Pete Townsend, Mark Knopfler, dan Ray Davis.

2. Fender Stratocaster

Tahun: 1968
Pemilik: Jimi Hendrix,
Terjual: US$ 2 juta (sekitar Rp 27,4 miliar)

gitar termahal yang berharga miliaran hingga triliunan

Hendrix memainkan berbagai gitar sepanjang kariernya, tapi instrumen yang menjadi paling terkait dengan dia adalah Fender Stratocaster. Gitar ini salah satu yang Hendrix mainkan di Festival Woodstock 1969. Gitar dilaporkan dibeli oleh Paul Allen dari Microsoft pada 1998 sebesar US$ 2 juta dan ditempatkan di Experience Music Project di Seattle, kampung halaman Hendrix.


3. Washburn 22 series hawk

Tahun: 1970
Pemilik: Bob Marley
Terjual: US$ 1,2-2 juta (sekitar Rp 16,4-27 miliar)

gitar termahal yang berharga miliaran hingga triliunan

Agak mengerikan memang namanya. Bob Marley tidak sering menggunakan gitar itu meskipun jumlah tepat tidak diketahui secara pasti. Dianggap sebagai salah satu gitar Washburn pertama yang pernah dibuat, Marley memberikan barang kesayangannya untuk Gary Carlsen, teknisi gitarnya.

Instrumen ini diklasifikasikan sebagai aset nasional oleh Pemerintah Yamaika dan merupakan salah satu dari hanya tujuh gitar yang dimiliki oleh ikon Reggae. Harga akhir tidak pernah terungkap.

Ikut menandatangani gitar itu adalah Liam Gallagher, Ronnie Wood, Tony Iommi, Angus & Malcolm Young, Paul McCartney, Sting, Ritchie Blackmore, Def Leppard, dan Bryan Adams sendiri. Gitar telah menghasilkan total pemasukan US$ 3,7 juta untuk amal sehingga menjadi gitar paling mahal di dunia.

4. Blackie Strat

Tahun: 1970
Pemilik: Eric Clapton
Terjual: US$ 959.500 (sekitar Rp 13,2 miliar)

gitar termahal yang berharga miliaran hingga triliunan

Blackie mungkin gitar yang paling ikonik dari Clapton. Tahun1970, Eric Clapton beralih dari Gibson ke fitar Stratocaster. Dia membeli enam model "Strats" dari toko gitar seharga masing-masing 300 dolar. Dia memberi masing-masing untuk George Harrison, Pete Townshend, dan Steve Winwood, dan sisa tiga terbaik dibuatnya menjadi satu gitar--Blackie. Tahun 2004, Blackie dijual seharga US 959.500 dolar di lelang Christie untuk mendukung Pusat Crossroads.

5. Gibson ES-335

Tahun: 1964
Pemilik: Eric Clapton
Terjual: US$ 847.500 (sekitar Rp 11,6 miliar)

gitar termahal yang berharga miliaran hingga triliunan

Gitar ini sahabat yang menemani peningkatan karier Eric Clapton. Clapton menggunakannya pada pertunjukan Cream terakhir di November 1968 bersama Blind Faith, bermain sebentar di sebuah slide singkat pada 1970-an, digunakan pada konser di Hyde Park 1996, dan saat sesi tur Cradle 1994-1995. Gitar dilego di Balai Lelang Christie pada 2004 dan menjadi 3 gitar termahal saat itu.

Tapi tahukan sobat diantara gitar diatas tersebut ada lagi yang lebih mahal dari pada itu, Yaitu sebuah yang dipamerkan di Marina Mall, Abu Dhabi. Gitar ini ditaksir bernilai jual fantastis, yaitu Rp 27 triliun. Gitar eksotis tersebut berhiaskan 11.441 berlian 400 karat dengan emas putih seberat 1,6 kg berkadar 18 karat. Wow

gitar termahal yang berharga miliaran hingga triliunan

Rencananya Gitar yang telah tercatat dalam buku Guinness World Record sebagai “gitar paling berharga” itu akan dipamerkan hingga 11 November 2015 kepada semua pengunjung mall. Menurut pengakuan panitia pameran, untuk menyelesaikan karya luar biasa itu dibutuhkan 68 perajin dan 700 hari untuk menyelesaikannya.

Dalam situsnya, CEO perusahaan gitar ternama AS, Gibson Brands, Henry Juszkiewicz menyatakan,”karya ini merupakan hasil dari tiga merek yang berbeda. Kreativitas berasal dari proses pencampuran ide dan budaya dari industri yang berbeda,” .

Seperti yang dilansir oleh Emirates247, Kamis (29/10/2015), gitar termahal di dunia tersebut sudah dipamerkan di beberapa negara-negara di dunia termasuk Tiongkok, Amerika Serikat, Jerman, dan Italia.

Bagaimana menurut pendapat sobat.? tentunya pasti bikin geleng-geleng kepala. :)